Activity Based Costing
Latar Belakang
Semakin derasnya arus teknologi dan 
informasi,  perusahaan dituntut untuk lebih dapat mempertahankan 
kelangsungan hidup perusahaan tersebut dalam persaingan global. 
Kelangsungan hidup suatu perusahaan dapat ditentukan oleh berbagai 
strategi yang diterapkan oleh perusahaan. Salah satu strategi yang dapat
 digunakan perusahaan agar dapat bersaing dalam bisnis global ini adalah
 dengan mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas, meningkatkan 
kualitas produk atau jasa dan meningkatkan kemampuan untuk memberi 
respon terhadap berbagai kebutuhan pelanggan.
Bervariasinya sumber daya yang diperlukan
 untuk memproduksi suatu produk, maka perusahaan pun harus dapat 
menggunakan sumber daya tersebut dengan lebih efektif dan efisien 
dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis. Perhitungan biaya 
produksi yang dikeluarkan perusahaan untuk menghasilkan suatu produk pun
 haruslah akurat, sehingga perusahaan dapat menentukan harga jual yang 
kompetitif di pasar global ini.
Manajemen sering kali mengabaikan 
perhitungan biaya produksi secara akurat yang dapat  mengakibatkan 
perusahaan tersebut tidak mampu bersaing di pasaran. Oleh karena itu, 
manajer suatu perusahaan membutuhkan suatu informasi mengenai 
biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk memproduksi suatu produk secara
 akurat. Pembebanan setiap biaya produksi yang dikeluarkan untuk satu 
unit produk dengan suatu metoda dapat membantu manajemen memperoleh 
informasi mengenai biaya produksi satu unit produk dengan lebih akurat. 
Metoda ini didalam akuntansi manajemen dinamakan sebagai metoda Activity Based Costing (ABC) System.
Metode Activity Based Costing (ABC) System
 menghitung setiap biaya pada masing-masing aktivitas dengan dasar 
alokasi yang berbeda untuk masing-masing aktivitas. Banyak 
perusahaan-perusahaan di Indonesia belum mengadopsi metode ini dalam 
penghitungan biaya produksi yang dikeluarkan untuk setiap produk. 
Umumnya metode yang digunakan oleh perusahaan yang berada di Indonesia 
adalah pemerataan biaya secara umum untuk masing-masing produk. Padahal 
masing-masing produk tersebut kenyataannya tidak menggunakan sumber daya
 dalam jumlah yang sama.
Metode manajemen biaya yang canggih seperti Activity Based Costing (ABC)
 banyak diterapkan pada perusahaan – perusahaan dunia. ABC membantu 
perusahaan mengurangi distorsi yang disebabkan oleh sistem penentuan 
harga pokok tradisional, sehingga dengan ABC dapat diperoleh biaya 
produk yang lebih akurat. ABC menyediakan pandangan yang jelas bagaimana
 perusahaan membedakan produk, jasa dan aktivitas yang memberikan 
kontribusi dalam jangka panjang. Sistem ABC telah dikembangkan dan 
diimplementasikan pada banyak perusahaan seperti Hewlett-Packard, General Electric, Merck, AT&T, dan American Express.
 Activity-Based Costing
Activity-Based Costing (ABC)
 adalah suatu sistem informasi akuntansi yang mengidentifikasi berbagai 
aktivitas yang dikerjakan dalam suatu organisasi dan mengumpulkan biaya 
dengan dasar dan sifat yang ada dan perluasan dari aktivitasnya. ABC 
memfokuskan pada biaya yang melekat pada produk berdasarkan aktivitas 
untuk memproduksi, mendistribusikan atau menunjang produk yang 
bersangkutan.
Sistem ABC timbul sebagai akibat dari 
kebutuhan manajemen akan informasi akuntansi yang mampu mencerminkan 
konsumsi sumber daya dalam berbagai aktivitas untuk menghasilkan produk 
secara akurat. Hal ini didorong oleh:
- Persaingan global yang tajam yang memaksa perusahaan untuk cost effective
- Advanced manufacturing technology yang menyebabkan proporsi biaya overhead pabrik dalam product cost menjadi lebih tinggi dari primary cost.
- Adanya strategi perusahaan yang menerapkan market driven strategy.
 Kelemahan sistem akuntansi biaya tradisional:
- Akuntansi biaya tradisional dirancang hanya menyajikan informasi biaya pada tahap produksi
- Alokasi biaya overhead pabrik hanya didasarkan pada jam tenaga kerja langsung atau hanya dengan volume produksi.
- Ada diversitas produk, dimana masing-masing produk mengkonsumsi biaya overhead yang berbeda beda.
Dalam sistem kalkulasi biaya tradisional 
biaya overhead dialokasikan secara arbitrer  kepada harga pokok produk. 
Hal ini akan menghasilkan harga pokok produk yang tidak akurat atau 
terjadinya distorsi penentuan harga pokok produk per unit sehingga tidak
 bisa diandalkan dalam mengukur efisiensi dan produktivitas.
Penentuan harga pokok per unit yang lebih
 akurat penting bagi manajemen sebagai dasar untuk pembuatan keputusan. 
Manajemen dapat dipermudah dalam membuat berbagai keputusan, antara 
lain:
- menentukan harga jual
- mempertimbangkan menolak atau menerima suatu pesanan
- memantau realisasi biaya
- menghitung laba/rugi tiap pesanan
- menentukan harga pokok persediaan produk jadi dan produk dalam proses yang akan disajikan di neraca.
Agar tidak terjadi distorsi penentuan 
harga pokok per unit, banyak perusahaan yang mengadopsi penggunaan 
sistem penentuan harga pokok (costing) berbasis aktivitas (ABC) 
dengan harapan manajemen melakukan analisis profitabilitas, mendorong 
perbaikan proses, mengembangkan ukuran kinerja yang lebih inovatif, dan 
dapat berpartisipasi dalam perencanaan strategis.
Perbandingan Sistem Tradisional dan ABC
Metode ABC memandang bahwa biaya overhead
 dapat dilacak dengan secara memadai pada berbagai produk secara 
individual. Biaya yang ditimbulkan oleh cost driver berdasarkan unit adalah biaya yang dalam metode tradisional disebut sebagai biaya variabel.
Metode ABC memperbaiki keakuratan 
perhitungan harga pokok produk dengan mengakui bahwa banyak dari biaya 
overhead tetap bervariasi dalam proporsi untuk berubah selain 
berdasarkan volume produksi. Dengan memahami apa yang menyebabkan 
biaya-biaya tersebut meningkat dan menurun, biaya tersebut dapat 
ditelusuri ke masing-masing produk. Hubungan sebab akibat ini 
memungkinkan manajer untuk memperbaiki ketepatan kalkulasi biaya produk 
yang dapat secara signifikan memperbaiki pengambilan keputusan (Hansen  
dan  Mowen, 2004: 157-158).
Digambarkan dalam tabel, perbedaan antara penentuan harga pokok produk tradisional dan sistem ABC, yaitu:
Perbedaan Metode Activity Based Costing dengan Tradisional
| 
Metode Penentuan Harga Pokok Produk Tradisional | 
Metode Activity Based Costing | |
| 
Tujuan | 
Inventory level | 
Product Costing | 
| 
Lingkup | 
Tahap produksi | 
Tahap desain, produksi, Tahap pengembangan | 
| 
Fokus | 
Biaya bahan baku, tenaga kerja langsung | 
Biaya overhead | 
| 
Periode | 
Periode akuntansi | 
Daur hidup produk | 
| 
Teknologi yang digunakan | 
Metode manual | 
Komputer telekomunikasi | 
Sumber: (Mulyadi, 1993)
Kelemahan Sistem Akuntansi Biaya Tradisional
Hal-hal yang tidak diberitahukan oleh 
sistem akuntansi biaya tradisional kepada manajemen banyak sekali. 
Akuntansi biaya tradisional memberi sedikit ide kepada manajemen pada 
saat harus mengurangi pengeluaran pada waktu yang mendesak. Sistem 
tersebut hanya memberikan laporan manajemen dengan menunjukkan dimana 
biaya dikeluarkan dan tidak ada indikasi apa-apa yang menimbulkan biaya.
Sistem biaya tradisional memang memperhatikan biaya total perusahaan, akan tetapi mereka mengabaikan “below the line expenses”,
 seperti penjualan, distribusi, riset, dan pengembangan serta biaya 
administrasi. Biaya-biaya ini tidak dibebankan ke pasar, pelanggan, 
saluran distribusi, atau bahkan produk yang  berbeda. Banyak manajer 
yang percaya bahwa biaya-biaya ini adalah tetap. Oleh sebab itu, 
biaya-biaya “below the line” ini diperlakukan secara sama dengan 
mendistribusikannya kepada pelanggan. Padahal, sekarang ini beberapa 
pelanggan jauh lebih mahal untuk dilayani dibandingkan dengan yang lain 
dan sebenarnya beberapa biaya tersebut adalah biaya variabel. (Amin, 
1992: 22).
Dengan berkembangnya dunia teknologi, 
sistem biaya tradisional mulai dirasakan tidak mampu menghasilkan produk
 yang akurat lagi. Hal ini disebabkan karena lingkungan global 
menimbulkan banyak pertanyaan yang tidak dapat dijawab sistem akuntansi 
biaya tradisional, antara lain:
- Sistem akuntansi biaya tradisional terlalu menekankan pada tujuan penentuan harga pokok produk yang dijual. Akibatnya sistem ini hanya menyediakan informasi yang relatif sangat sedikit untuk mencapai keunggulan dalam persaingan global.
- Sistem akuntansi biaya tradisional untuk biaya overhead terlalu memusatkan pada distribusi dan alokasi biaya overhead daripada berusaha keras untuk mengurangi pemborosan dengan menghilangkan aktivitas yang tidak bernilai tambah.
- Sistem akuntansi biaya tradisional tidak mencerminkan sebab akibat biaya karena seringkali beranggapan bahwa biaya ditimbulkan oleh faktor tunggal misalnya volume produk atau jam kerja langsung.
- Sistem akuntansi biaya tradisional menghasilkan informasi biaya yang terdistorsi sehingga mengakibatkan pembuatan keputusan yang menimbulkan konflik dengan keunggulan perusahaan.
- Sistem akuntansi biaya tradisional menggolongkan biaya langsung dan tidak langsung serta biaya tetap dan variabel hanya mendasarkan faktor penyebab tunggal misalnya volume produk, padahal dalam lingkungan teknologi maju cara penggolongan tersebut menjadi kabur karena biaya dipengaruhi oleh berbagai macam aktivitas.
- Sistem akuntansi biaya tradisional menggolongkan suatu perusahaan kedalam pusat-pusat pertanggung jawaban yang kaku dan terlalu menekankan kinerja jangka pendek.
- Sistem akuntansi biaya tradisional memusatkan perhatian kepada perhitungan selisih biaya pusat-pusat pertanggungjawaban tertantu dengan menggunakan standar.
- Sistem akuntansi biaya tradisional tidak banyak memerlukan alat-alat dan teknik-teknik yang canggih dalam sistem informasi dibandingkan pada lingkungan teknologi maju.
- Sistem akuntansi biaya tradisional kurang menekankan pentingnya daur hidup produk. Hal ini dibuktikan dengan perlakuan akuntansi biaya tradisional terhadap biaya aktivitas-aktivitas perekayasaan, penelitian dan pengembangan. Biaya-biaya tersebut diperlakukan sebagai biaya periode sehingga menyebabkan terjadinya distorsi harga pokok daur hidup produk.
 Keunggulan Metode ABC
 Amin (1994: 23) mengemukakan tentang keunggulan ABC adalah sebagai berikut:
- Suatu pengkajian ABC dapat meyakinkan manajemen bahwa mereka harus mengambil sejumlah langkah untuk menjadi lebih kompetitif. Sebagai hasilnya mereka dapat berusaha untuk meningkatkan mutu sambil secara simultan fokus pada mengurangi biaya. Analisis biaya dapat menyoroti bagaimana benar-benar mahalnya proses manufakturing, yang pada akhirnya dapat memicu aktivitas untuk mereorganisasi proses, memperbaiki mutu dan mengurangi biaya.
- ABC dapat membantu dalam pengambilan keputusan.
- Manajemen akan berada dalam suatu posisi untuk melakukan penawaran kompetitif yang lebih wajar.
- Dengan analisis biaya yang diperbaiki, manajemen dapat melakukan analisis yang lebih akurat mengenai volume, yang dilakukan untuk mencari break even atas produk yang bervolume rendah.
- Melalui analisis data biaya dan pola konsumsi sumber daya, manajemen dapat mulai merekayasa kembali proses manufakturing untuk mencapai pola keluaran mutu yang lebih efisien dan lebih tinggi.
Konsep-Konsep Dasar dan Syarat Penerapan Sistem Activity-Based Costing
Activity Based Costing Sistem adalah suatu sistem akuntansi yang terfokus pada aktivitas-aktifitas yang dilakukan untuk menghasilkan produk/jasa.  Activity Based Costing
 menyediakan informasi perihal aktivitas-aktivitas dan sumber daya yang 
dibutuhkan untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas tersebut. Aktivitas 
adalah setiap kejadian atau transaksi yang merupakan pemicu biaya (cost driver)
 yakni, bertindak sebagai faktor penyebab dalam pengeluaran biaya dalam 
organisasi. Aktivitas-aktivitas ini menjadi titik perhimpunan biaya. 
Dalam sistem ABC, biaya ditelusur ke aktivitas dan kemudian ke produk. 
System ABC mengasumsikan bahwa aktivitas aktivitaslah, yang mengkonsumsi
 sumber daya dan bukannya produk.
Dalam penerapannya, penentuan harga pokok dengan menggunakan sistem ABC menyaratkan tiga hal:
a.  Perusahaan mempunyai tingkat diversitas yang tinggi
Sistem ABC mensyaratkan bahwa perusahaan 
memproduksi beberapa macam produk atau lini produk yang diproses dengan 
menggunakan  fasilitas yang sama. Kondisi yang demikian tentunya akan 
menimbulkan masalah dalam membebankan biaya ke masing-masing produk.
b.  Tingkat persaingan industri yang tinggi
Yaitu terdapat beberapa perusahaan yang 
menghasilkan produk yang sama atau sejenis. Dalam persaingan antar 
perusahaan yang sejenis tersebut maka perusahaan akan  semakin 
meningkatkan persaingan untuk memperbesar pasarnya. Semakin besar 
tingkat persaingan maka semakin penting peran informasi tentang harga 
pokok dalam mendukung pengambilan keputusan manajemen.
c.  Biaya pengukuran yang rendah
Yaitu bahwa biaya yang digunakan system 
ABC untuk menghasilkan informasi biaya yang akurat harus lebih rendah 
dibandingkan dengan manfaat yang diperoleh.
Penerapan ABC sistem akan relevan bila 
biaya overhead pabrik merupakan biaya yang paling dominan dan 
multiproduk. Dalam merancang ABC sistem, aktivitas untuk membuat dan 
menjual produk digolongkan dalam 4 kelompok, yaitu:
- Facility sustaining activity cost: biaya yang berkaitan dengan aktivitas mempertahankan kapasitas yang dimiliki perusahaan. Misal biaya depresiasi, biaya asuransi, biaya gaji pegawai kunci
- Product sustaining activity cost: biaya yang berkaitan dengan aktivitas penelitian dan pengembangan produk dan biaya untuk mempertahankan produk untuk tetap dapat dipasarkan. Misal biaya pengujian produk, biaya desain produk
- Bacth activity cost: biaya yang berkaitan dengan jumlah bacth produk yang diproduksi. Misalnya biaya set-up mesin
- Unit level activity cost: biaya yang berkaitan dengan besar kecilnya jumlah unit produk yang dihasilkan. Misalnya biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja
- Penggolongan aktivitas menjadi empat ketegori diatas disebut cost hierarchy (struktur biaya).
 Langkah-langkah ABC sistem:
- Tahap pertama pengelompokan biaya overhead ke dalam kelompok biaya yang homogen. Kelompok biaya homogen merupakan kumpulan overhead yang variasinya dapat dijelaskan oleh satu faktor penyebab (cost driver). Untuk menentukan mana kelompok biaya yang homogen, dapat melihat biaya yang mempunyai rasio konsumsi sama untuk seluruh produk.
- Tahap kedua alokasi biaya overhead pabrik:
Alokasi biaya overhead = Tarif kelompok x Dasar pembebanan yang dikonsumsi
Pembebanan Biaya Overhead pada Activity Based-Costing
Pada  Activity-Based Costing 
meskipun pembebanan biaya-biaya overhad pabrik dan produk juga 
menggunakan dua tahap seperti pada akuntansi biaya tradisional, tetapi 
pusat biaya yang dipakai untuk pengumpulan biaya-biaya pada tahap 
pertama dan dasar pembebanan dari pusat biaya kepada produk pada tahap 
kedua sangat berbeda dengan akuntansi biaya tradisional.
Activity-Based costing 
menggunakan lebih banyak cost driver bila dibandingkan dengan sistem 
pembebanan biaya pada akuntansi biaya tradisional. Sebelum sampai pada 
prosedure pembebanan dua tahap dalam Activity-Based Costing perlu dipahami hal-hal sebagai berikut:
- Cost Driver adalah suatu kejadian yang menimbulkan biaya. Cost Driver merupakan faktor yang dapat menerangkan konsumsi biaya-biaya overhead. Faktor ini menunjukkan suatu penyebab utama tingkat aktivitas yang akan menyebabkan biaya dalam aktivitas aktivitas selanjutnya.
- Rasio konsumsi adalah proporsi masing-masing aktivitas yang dikonsumsi oleh setiap produk, dihitung dengan cara membagi jumlah aktivitas yang dikonsumsi oleh suatu produk dengan jumlah keseluruhan aktivitas tersebut dari semua jenis produk.
- Homogeneous Cost Pool merupakan kumpulan biaya dari overhead yang variasi biayanya dapat dikaitkan dengan satu pemicu biaya saja. Atau untuk dapat disebut suatu kelompok biaya yang homogen, aktivitas-aktivitas overhead secara logis harus berhubungan dan mempunyai rasio konsumsi yang sama untuk semua produk.
Cost Driver
Landasan penting untuk menghitung biaya berdasarkan aktivitas adalah dengan mengidentifikasi pemicu biaya atau cost driver
 untuk setiap aktivitas. Pemahaman yang tidak tepat atas pemicu akan 
mengakibatkan ketidaktepatan pada pengklasifikasian biaya, sehingga 
menimbulkan dampak bagi manajemen dalam mengambil keputusan.
Jika perusahaan memiliki beberapa jenis 
produk maka biaya overhead yang terjadi ditimbulkan secara bersamaan 
oleh seluruh produk. Hal ini menyebabkan jumlah overhead  yang 
ditimbulkan oleh masingmasing jenis produk harus diidentifikasi melalui cost driver.
Cost driver merupakan faktor yang 
dapat menerangkan konsumsi biaya-biaya  overhead. Faktor ini menunjukkan
 suatu penyebab utama tingkat aktifitas yang akan menyebabkan biaya 
dalam aktifitas.
Ada dua jenis cost driver, yaitu:
Cost Driver berdasarkan unit
Cost Driver berdasarkan unit membebankan biaya overhead pada produk melalui penggunaan  tarif overhead tunggal oleh seluruh departemen.
- Cost Driver berdasarkan non unit
Cost Driver 
berdasarkan non unit merupakan factor-faktor penyebab selain unit yang 
menjelaskn konsumsi overhead. Contoh cost driver berdasarkan unit pada 
perusahaan jasa adalah luas lantai, jumlah pasien, jumlah kamar yang 
tersedia.
Aktivitas yang ada 
dalam perusahaan sangat kompleks dan banyak jumlahnya. Oleh karena itu 
perlu pertimbangan yang matang dalam menentukan pemicu biayanya atau cost driver.
- Penentuan jumlah cost driver yang dibutuhkan
Penentuan banyaknya cost driver yang dibutuhkan berdasarkan pada keakuratan laporan product cost
 yang diinginkan dan kompleksitas komposisi output perusahaan. Semakin 
banyak cost driver yang digunakan, laporan biaya produksi semakin 
akurat. Dengan kata lain semakin tinggi tingkat keakuratan yang 
diinginkan, semakin banyak cost driver yang dibutuhkan.
- Pemilihan cost driver yang tepat.
Dalam pemilihan cost driver yang tepat ada tiga faktor yang harus dipertimbangkan:
- Kemudahan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam pemilihan cost driver (cost of measurement). Cost driver yang membutuhkan biaya pengukuran lebih rendah akan dipilih.
- Korelasi antara konsumsi aktivitas yang diterangkan oleh cost driver terpilih dengan konsumsi aktivitas sesungguhnya 20 (degree of correlation). Cost driver yang memiliki korelasi tinggi akan dipilih.
- Perilaku yang disebabkan oleh cost driver terpilih (behavior effect). Cost driver yang menyebabkan perilaku yang diinginkan yang akan dipilih.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar