PROPOSAL
USAHA
Dengan
Analisis SWOT
(Strengths, Weakness, Opportunities dan
Threats )
Keripik Singkong Presto
Universitas
Gunadarma
Fakultas
Ekonomi, Jurusan Akuntansi
Kls : 4EB20
Mata Kuliah :
Kewirausahaan
Daftar Anggota Kelompok :
Achmad Izhar Syahrani
(20211075)
Filza Rachmatina (22211874)
Rachmat Suharjana
(25211711)
Fitri Sundari (22211925)
Nita Eka (25211194)
Fajrin Kurniawan (22211663)
KATA PENGANTAR
Dengan
memanjatkan puja serta puji syukur kehadirat ALLAH SWT, karena dengan rahmat
dan karunia-Nya, kelompok kami dapat menyelesaikan tugas membuat makalah yang
berjudul : “ PROPOSAL USAHA dalam
Analisis SWOT“. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas kami sebagai
mahasiswa dalam mata kuliah Kewirausahaan. Diharapkan makalah ini dapat
membantu mahasiswa lain dalam mencari materi belajar dan menambah wawasan
mahasiswa. Dalam makalah ini tidak terlepas dari bantuan teman – teman yang
tergabung dalam kelompok belajar yang dapat terlaksana dengan baik.
Kami menyadari bahwa dalam penulisan
dan penyusunan ini masih terdapat kekurangan dan masih jauh dari kata sempurna
oleh sebab itu dengan segala hormat dan rendah hati, kami mengaharpkan kritik
dan saran yang membangun demi perbaikan di masa yang akan datang.
Akhir kata, semoga makalah ini dapat
bermanfaat bagi kami sebagai penyusun khususnya dan bagi pembaca semuanya.
Bekasi,
November 2014
Hormat Kami
I.
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Di Negara Indonesia begitu
banyak penduduk yang tinggal di dalamnya terutama di pulau jawa. Penduduk yang
sangat banyak ini menjadi peluang yang sangat menarik bagi pengrusaha untuk
menjadikan ini sebagi peluang usaha, karena begitu banyak penduduk artinya
begitu banyak manusia yang tinggal dan membutuhkan makanan. Entah makanan
ringan atau berat, yang namanya makanan pasti di butuhkan karna itu adalah
kebutuhan sangat penting utama, apapun tingkat sosialnya, umurnya, laki – laki
atau wanita, tua atau muda pasti membutuhkan asupan makanan dengan waktu yang
relatif berfariasi. Kita sebagai konsumen pun harus teliti sebelum memilih
maknan yang akan kita konsumsi karna ada beberapa makanan yang justru
mengundang penyakit atau gangguan pada tubuh kita. Konsumen pada saat ini sudah
sangat sadar akan memilih produk atau hidangan makanan mana yang menggunakan
bahan – bahan yang baik untuk dikonsumsi. Kita sebagi pengusaha makanan pun
harus lebih pintar dalam menciptakan jenis makanan yang ingin kita jual atau
pasarkan dan tidak hanya itu pengolahan jenis makanan tersebut pun perlu di
perhatikan karena walaupun bahan-bahan yang digunakan aman tetapi pengolahannya
tidak baik pun sama saja.
Kita sering melihat pula banyak
makanan cemilan keripik yang timbul dipasaran tetapi membuat penikmatnya merasa
tidak nyaman dengan bagian tubuh tenggorokan yang sering sakit akibat terlalu
banyak menikmati cemilan keripik tersebut, entah dari keripiknya atau bumbu
yang digunakan untuk memberikan rasa pada keripik tersebut. Oleh sebab itu
untuk menciptakan makanan cemilan yang nikmat namun tetap menyehatkan dan aman
di konsumsi , kami berfikir untuk menciptakan Cemilan “Keripik Singkong Presto”
yang membuat perbedaan dengan cemilan lainnya yaitu disini dalam proses
produksinya Singkong sebagai bahan baku utama tidak menggunakan minyak goreng
dalam memasaknya, berbeda dengan keripik lainnya disini menggunkan proses
presto untuk memberikan sensasi keripik yang empuk walaupun irisan keripik
lebih tebal dan juga menggunakan proses pengovenan untuk mendapatkan tekstur
gurih, kering dan tetap renyah di lidah.
1.
Manfaat Usaha
a. Manfaat
Ekonomi
Usaha Keripik Singkong Presto ini
cukup menjanjikan, karna keuntungan yang
didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan bagi
pelanggan dengan memberikan cemilan yang sehat tanpa minyak tetapi dengan harga
yang murah juga dengan kata lain kualitas produk selalu dijaga dan dijamin
kesehatannya. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi
penjual dan konsumen.
b.
Manfaat Sosial
1) Bagi
Pemilik
Dengan
melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat berkembang ke berbagai daerah
bahkan ke luar negeri. Usaha Keripik Singkong Presto ini cukup menjanjikan bagi
kita, karna masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang belum menikmati
enaknya dan empuknya Keripik Singkong Presto ini, sehingga kita dapat
memasarkannya ke daerah tersebut. Keuntungan yang dapat diperoleh oleh pemilik
usaha yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis. Serta dapat
menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih
besar. Pembelajaran yang diperoleh
seperti bagaimana cara melayani konsumen, serta bagaimana supaya karyawan
menjadi senang dengan kebijakan yang kita tetapkan, dan lain sebagainya.
2)
Bagi Mayarakat
Dengan
adanya Keripik Singkong Presto ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat
untuk memenuhi kebutuhan makanan ringan mereka.
Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi
masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karna apabila usaha ini telah berkembang
maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.
2.
Rumusan Masalah
a) Bagaimana
tips untuk membuka usaha roti bakar yang baik dan benar serta tidak merugi.
b) Bagaimana
cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat.
c)
Bagaimana
caranya agar kita bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis roti bakar.
3.
Profil Organisasi
Nama Usaha : Keripik Singkong Presto
Jenis Usaha : Makanan Ringan
Alamat : Kab. Bekasi, Kec. Tambun Selatan,
Perumahan Kompas Indah, Jln. Cendana Blok C7/No.7.
Pemilik : Filza Rachmatina
4.
Visi, Misi dan Tujuan
a. Visi
Menciptakan
sebuah usaha yang unggul dan dengan kualitas produk makanan yang baik dan
sehat.
b. Misi
-
Memberikan makanan ringan dengan
kualitas baik.
-
Memberikan makanan ringan yang
sehat.
-
Pelayanan yang terbaik untuk konsumen.
c. Tujuan
-
Memperoleh keuntungan bagi
kesejahteraan pemilik dan karyawan.\
-
Menambah
pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan
usaha.
-
Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam
berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan
kesejahteraan masyarakat.
-
Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan
mahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan
dalam berwirausaha
5.
Produk
Produk yang
kami tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen memiliki beberapa macam rasa yang
dimiliki, seperti :
·
Original Singkong Gurih
·
Keju
·
Pizza
·
BBQ
·
Jagung Manis
·
Jagung Bakar
·
Balado Cabe Kering
·
Balado Pedas Manis
·
Ayam Bakar
·
Sapi Panggang
Dengan memiliki
berbagai macam rasa tersebut maka masyarakat dapat memilih rasa yang mereka
inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Produk yang kami berikan tidak menggunakan
campuran bahan kimia yang berbahaya seperti pormalin, wantek, dll, sehingga
baik untuk dikonsumsi oleh konsumen dan tidak merusak kesehatan.
B. Analisis SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis
ini adalah sebagai berikut:
Keripik singkong presto berbahan
dasar singkong yang merupakan salah satu makanan pokok masyarakat indonesia
yang cukup dikenal dan sekarang mulai diinovasikan menjadi makanan ringan yang
dapat dikonsumsi dimanapun dan kapanpun. Dikota besar seperti jakarta keripik
singkong ini merupakan makanan ringan yang cukup dikenal tetapi dari sekian
banyak usaha keripik singkong, keripik ini memiliki perbedaan tersendiri yang menjadi peluang
usaha makanan ringan dikota – kota besar. Dari sekian banyak usaha memilih
usaha keripik singkong presto ini cukup menjanjikan keuntungan bagi
pengusahanya. Karena, menurut kami hampir semua orang menyukai singkong,
termasuk semua kalangan dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Cemilan
keriopik singkong ini adalah cemilan yang dicari berbagai segmen pasar dari keluarga,
anak sekolah dan juga para karyawan. Keripik singkong ini yang memiliki
berbagai rasa dan juga teksturnya yang renyah. Dalam pembuatannya keripik
singkong juga tidak memerlukan biaya yang besar dalam pengolahan dan juga dalam
hal pemasarannya.
Untuk peluang
usaha keripik singkong presto ini pemasarannya dapat dilakukan dengan cara
online melalui media sosial dan juga dengan penjualan langsung ke konsumen
misalnya melalui penjajakan para pembeli atau acara bazar atau event tertentu.
Beberapa alasan yang menjadikan permintaan akan makanan ringan ini cepat
berkembang karena tekstur keripik tersebut yang gurih dan juga terdapat
berbagai macam varian rasa. Proses pembuatan keripik singkong presto ini
menggunakan cara dipresto dan dioven yang membuat keripik ini berbeda dengan
keripik singkong yang lainnya. Batas konsumsi atau kadaluarsa yang relatif
cukup lama dan tanpa bahan pengawet
membuat konsumen lebih lama dalam menyimpan makanan tersebut dan aman
mengkonsumsinya.
Faktor yang mempengaruhi
Faktor yang
mempengaruhi adalah dalam sistem pemasarannya, karena keripik singkong ini
memiliki kadaluarsa yang tidak seperti barang elektronik. Untuk itu apabila
keripik singkong ini tidak segera dikonsumsi pada batas waktu yang ditentukan
maka akan berjamur dan tidak layak dikonsumsi. Adapun masalah lain yang
ditemukan dalam pemasaran yaitu tekstur keripik yang mudah hancur karena
mengalami benturan atau goncangan pada saat pengiriman barang, sehingga pada
saat barang diterima oleh konsumen barang tersebut tidak sesuai dengan
keinginan konsumen, dan itu merupakan faktor yang mempengaruhi minat konsumen.
Analisis SWOT
dari keripik singkong presto apabila dipasarkan secara online akan sangat
menjanjikan karena jangkauan pemasarannya menjangkau seluruh wilayah indonesia.
Jenis keripik singkrong presto ini belum banyak yang menjual dan memasarkannya
secara online. Selama ini yang dipasarkan secara online adalah jenis keripik
singkong biasa yang diolah dengan cara digoreng.
Faktor
Internal :
Strenght (Kekuatan)
: keripik singkong presto ini memiliki perbedaan dengan keripik singkong yang
lainnya, yaitu dalam pembuatannya tidak menggunakan minyak goreng tetapi lebih
menggunakan dengan proses presto yang membuat tekstur keripik tersebut lebih
empuk dan renyah sehingga membuat keripik singkong presto ini menjadi cemilan
yang sehat untuk dikonsumsi dari mulai anak – anak sampai orang tua.
Weakness (Kelemahan)
: Dalam hal ini kita harus memikirkan bagaimana cara untuk menjaga kualitas
keripik singkong presto tersebut agar teksturnya tetap terjaga sampai diterima
ketangan konsumen dan siap untuk dikonsumsi oleh konsumen.
Faktor External :
Opportunities (Peluang/Kesempatan) : Peluang
usaha keripik singkong presto tersebut akan sangat menjanjikan sekali, hal ini dikarenakan
saingan untuk usaha ini belum banyak. Selain itu kita dapat memberikan
penghasilan tambahan bagi orang lain disekitar kita dengan cara menjual kembali
hasil produk yang kita produksi. Sehingga pemasarannya menjadi dikenal lebih
luas dimasyarakat.
Threats (Ancaman)
: Ancaman dari bisnis tersebut adalah
yaitu keripik singkong tersebut akan mudah hancur, disebabkan karena dalam
proses pengiriman dan ancaman lainnya dari bisnis keripik singkong presto ini
adalah akan banyaknya yang bermunculan usaha sejenis, hal ini tentu akan
membuat persaingan yang baru sehingga pemasaran produk ini menjadi terbatas.
Kelebihan
dari keripik singkong presto :
Bagi anda yang menyukai olahan keripik
singkong presto ini, terdapat berbagai macam varian rasa :
1. Original
2. Pizza
3. Barbeque
(bbq)
4. Balado
mix cabe kering
5. Balado
6. Jagung
bakar
7. Jagung
manis
8. Ayam
bakar
9. Sapi
panggang
10. Keju
Alasan untuk memilih cemilan ini adalah
:
1. Keripik
singkong presto ini diproses tanpa minyak sehingga bebas kolestrol atau sakit
pada tenggorokan pada saat dinikmati.
2. HALAL
dan menggunakan bumbu – bumbu yang aman dan tidak tajam dimulut.
3. Potongan
keripik lebih tebal tetapi tetap empuk pada saat dimakan, tekstur lembut dan
tetap gurih karena proses presto yang membuat anak – anak dan orang tua dapat
mengkonsumsi keripik singkong presto ini.
4. Kemasan
praktisnya bisa dinikmati dimana saja, karena tetap terjaga kualitas dan
kebersihannya.
5. Cocok
untuk digunakan untuk peluang usaha anda karena keripik singkong presto ini
dapat dipasarkana disegala segmen pasar seperti sekolah, perkantoran, pabrik,
rumah sakit atau sektor pemerintah dll.
Kandungan gizi pada keripik singkong
presto ini :
1. Kalori
121 kal
2. Air
62,50 gr
3. Fosfor
40,00 gr
4. Karbohidrat
34,00 gr
5. Calsium
3,00 mg
6. Vitamin
C 30,00 mg
7. Protein
1.20 gr
8. Besi
0.70 mg
9. Lemak
0.30 gr
10. Vitamin
B1 0.01 mg
C. Rencana Usaha
Adapun rencana usaha yang akan
dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:
1.
Rencana
Jangka Pendek
Usaha bisnis Keripik Singkong Presto
yang kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam usaha
bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat
meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan
untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah.
2.
Rencana
Jangka Menengah
Usaha yang kami rintis ini pastinya
akan kami kembangkan demi mewujudkan impian kami bersama, yaitu ingin menjadi
seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci
awal untuk keberlanjutan usaha kami kedepannya. Pelanggan ialah raja, maka dari
itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari segalanya, karena tanpa
pelanggan belum tentu usaha ini akan bertahan lama. Tidak lupa pula kami rajin
melakukan promosi usaha kami, baik dari mulut ke mulut, iklan radio, media
online, dan media yang lainnya.
3.
Rencana
Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan
pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini,
tidak lupa pula kami membangun jaringan dengan pabrik Keripik Singkong Presto
atau Toko Keripik Singkong Presto agar kami dapat dengan mudah untuk
mendapatkan bahan baku agar usaha ini tidak mengalami kendala apapun dalam
penyediaan bahan baku.
D. Analisis Pasar dan Pemasaran
Analisis Pasar dan Pemasaran usaha
Keripik Singkong Presto kelompok kami yaitu:
1.
Target Pasar
Usaha ini
berlokasi di tempat-tempat yang strategis dan di
pinggir-pinggir jalan utama, seperti Koperasi di Perusahaan atau instansi
pemerintahan atau sekolah dan juga kampus dan tempat keramaian lainnya. Tempat-tempat
lokasi tersebut yang banyak di lewati oleh masyarakat, baik masyarakat lokal maupun non lokal
sehingga usaha kami ini
mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasar kami yaitu
masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri.
2.
Pesaing
Terdapat banyak
pesaing dari usaha ini, akan
tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik
konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak
senang dengan tindakan kita. Namun
kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan
persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan
undang-undang pasar yang telah di tetapkan.
3.
Sasaran Pembeli
Dalam
menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan
masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari
semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami
tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua
kalangan. Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp 3.300 sampai dengan Rp
38.000 tergantung ukuran kemasan dan rasa.
E.
Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
1.
Dari mulut ke mulut
Promosi ini
merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya
untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita
atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung
semua konsumen/masyarakat akan
mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha
kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan
kepada orang lain untuk membeli Keripik Singkong Presto di tempat kita.
2.
Dengan media
Internet
Selain
promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan
menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter,
blog,dll. Karna sebagian besar
masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita,
3.
Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran
produk seperti
diatas, kami juga mempromisikan
usaha kami ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini,
dapat dengan memperluas usaha roti bakar ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh
masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat
pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
4.
Pengembangan Produk
Pengembangan
produk dari usaha ini dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada di pesaing
lain, seperti rasa durian dengan harga
yang terjangkau, yang memberikan
nilai lebih dimata para
konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian
meningkat. Kami juga menerima pemesanan pada acara-acara arisan,
ulang tahun, dan juga acara resmi lainnya.
5.
Langkah-langkah
promisi
Untuk
menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai
cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
·
Memberikan gratis satu
bungkus setiap pembelian 10 bungkus keripik singkong presto.
·
Mmberikan potongan harga untuk transaksi
pembelian keripik singkong presto di atas Rp 500.000.
F. Analisis
Operasional
Adapun
rencana produksi yang dijalankan ialah sebagai berikut:
1.
Desain produk
Desain produk yang diusahakan ialah kami membuatnya dengan semenarik
mungkin agar pelanggan tidak bosan dengan tampilan roti bakar yang itu-itu
saja.
2.
Tempat usaha
Tempat usaha yang kami rintis ialah dipinggir jalan-jalan utama yang
ramai dilalui orang, agar konsumen dapat dengan mudah mengakses tempat usaha
kami, selain itu di alun-alun juga memungkinkan kami untuk membuka usaha
Keripik Singkong Presto ini.
3.
Pengawasan kualitas
Dalam
mengontrol kualitas produk dari usaha kami ini agar dapat dikonsumsi oleh
konsumen dengan baik dan aman, maka kami melakukan pengecekan setiap hari
terhadap kualitas maupun kuantita dari roti-roti yang ada. Agar para konsumen
tidak mendapatkan produk yang tak layak jual dan makan.
4.
Marketing atau promosi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar