Minggu, 09 November 2014

Materi Kelompok Proposal Kewirausahaan

PROPOSAL USAHA
Dengan Analisis SWOT
(Strengths, Weakness, Opportunities dan Threats )
Keripik Singkong Presto






Universitas Gunadarma
Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi
Kls : 4EB20
Mata Kuliah : Kewirausahaan
Daftar Anggota Kelompok :
     
Achmad Izhar Syahrani (20211075)
Filza Rachmatina (22211874)
Rachmat Suharjana (25211711)
Fitri Sundari (22211925)
 Nita Eka (25211194)
Fajrin Kurniawan (22211663)
 



KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puja serta puji syukur kehadirat ALLAH SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya, kelompok kami dapat menyelesaikan tugas membuat makalah yang berjudul : “ PROPOSAL USAHA dalam Analisis SWOT“. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas kami sebagai mahasiswa dalam mata kuliah Kewirausahaan. Diharapkan makalah ini dapat membantu mahasiswa lain dalam mencari materi belajar dan menambah wawasan mahasiswa. Dalam makalah ini tidak terlepas dari bantuan teman – teman yang tergabung dalam kelompok belajar yang dapat terlaksana dengan baik.
         Kami menyadari bahwa dalam penulisan dan penyusunan ini masih terdapat kekurangan dan masih jauh dari kata sempurna oleh sebab itu dengan segala hormat dan rendah hati, kami mengaharpkan kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa yang akan datang.
          Akhir kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kami sebagai penyusun khususnya dan bagi pembaca semuanya.











                                                                                                               Bekasi, November 2014


                                                                                                                      Hormat Kami


     I.               PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
                  Di Negara Indonesia begitu banyak penduduk yang tinggal di dalamnya terutama di pulau jawa. Penduduk yang sangat banyak ini menjadi peluang yang sangat menarik bagi pengrusaha untuk menjadikan ini sebagi peluang usaha, karena begitu banyak penduduk artinya begitu banyak manusia yang tinggal dan membutuhkan makanan. Entah makanan ringan atau berat, yang namanya makanan pasti di butuhkan karna itu adalah kebutuhan sangat penting utama, apapun tingkat sosialnya, umurnya, laki – laki atau wanita, tua atau muda pasti membutuhkan asupan makanan dengan waktu yang relatif berfariasi. Kita sebagai konsumen pun harus teliti sebelum memilih maknan yang akan kita konsumsi karna ada beberapa makanan yang justru mengundang penyakit atau gangguan pada tubuh kita. Konsumen pada saat ini sudah sangat sadar akan memilih produk atau hidangan makanan mana yang menggunakan bahan – bahan yang baik untuk dikonsumsi. Kita sebagi pengusaha makanan pun harus lebih pintar dalam menciptakan jenis makanan yang ingin kita jual atau pasarkan dan tidak hanya itu pengolahan jenis makanan tersebut pun perlu di perhatikan karena walaupun bahan-bahan yang digunakan aman tetapi pengolahannya tidak baik pun sama saja.
          Kita sering melihat pula banyak makanan cemilan keripik yang timbul dipasaran tetapi membuat penikmatnya merasa tidak nyaman dengan bagian tubuh tenggorokan yang sering sakit akibat terlalu banyak menikmati cemilan keripik tersebut, entah dari keripiknya atau bumbu yang digunakan untuk memberikan rasa pada keripik tersebut. Oleh sebab itu untuk menciptakan makanan cemilan yang nikmat namun tetap menyehatkan dan aman di konsumsi , kami berfikir untuk menciptakan Cemilan “Keripik Singkong Presto” yang membuat perbedaan dengan cemilan lainnya yaitu disini dalam proses produksinya Singkong sebagai bahan baku utama tidak menggunakan minyak goreng dalam memasaknya, berbeda dengan keripik lainnya disini menggunkan proses presto untuk memberikan sensasi keripik yang empuk walaupun irisan keripik lebih tebal dan juga menggunakan proses pengovenan untuk mendapatkan tekstur gurih, kering dan tetap renyah di lidah.
1.      Manfaat Usaha
a.       Manfaat Ekonomi
           Usaha Keripik Singkong Presto ini cukup menjanjikan, karna keuntungan yang  didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan memberikan cemilan yang sehat tanpa minyak tetapi dengan harga yang murah juga dengan kata lain kualitas produk selalu dijaga dan dijamin kesehatannya. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi penjual dan konsumen.
b.      Manfaat Sosial
1)      Bagi Pemilik
                Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat berkembang ke berbagai daerah bahkan ke luar negeri. Usaha Keripik Singkong Presto ini cukup menjanjikan bagi kita, karna masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang belum menikmati enaknya dan empuknya Keripik Singkong Presto ini, sehingga kita dapat memasarkannya ke daerah tersebut. Keuntungan yang dapat diperoleh oleh pemilik usaha yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih besar.  Pembelajaran yang diperoleh seperti bagaimana cara melayani konsumen, serta bagaimana supaya karyawan menjadi senang dengan kebijakan yang kita tetapkan, dan lain sebagainya.
2)      Bagi Mayarakat
                      Dengan adanya Keripik Singkong Presto ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan makanan ringan mereka.  Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karna apabila usaha ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.
2.      Rumusan Masalah
a)       Bagaimana tips untuk membuka usaha roti bakar yang baik dan benar serta tidak merugi.
b)      Bagaimana cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat.
c)      Bagaimana caranya agar kita bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis roti bakar.

3.       Profil Organisasi
Nama Usaha : Keripik Singkong Presto
Jenis Usaha   : Makanan Ringan
Alamat       : Kab. Bekasi, Kec. Tambun Selatan, Perumahan Kompas Indah, Jln. Cendana Blok C7/No.7.
Pemilik           : Filza Rachmatina
4.      Visi, Misi dan Tujuan
a.       Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dan dengan kualitas produk makanan yang baik dan sehat.
b.      Misi
-          Memberikan makanan ringan dengan kualitas baik.
-          Memberikan makanan ringan yang sehat.
-          Pelayanan yang terbaik untuk konsumen.

c.       Tujuan
-          Memperoleh keuntungan bagi kesejahteraan pemilik dan karyawan.\
-          Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
-          Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan  kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
-          Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha
5.      Produk
Produk yang kami tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen memiliki beberapa macam rasa yang dimiliki, seperti :
·         Original Singkong Gurih
·         Keju
·         Pizza
·         BBQ
·         Jagung Manis
·         Jagung Bakar
·         Balado Cabe Kering
·         Balado Pedas Manis
·         Ayam Bakar
·         Sapi Panggang
Dengan memiliki berbagai macam rasa tersebut maka masyarakat dapat memilih rasa yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.  Produk yang kami berikan tidak menggunakan campuran bahan kimia yang berbahaya seperti pormalin, wantek, dll, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh konsumen dan tidak merusak kesehatan.

          B.     Analisis SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut:
          Keripik singkong presto berbahan dasar singkong yang merupakan salah satu makanan pokok masyarakat indonesia yang cukup dikenal dan sekarang mulai diinovasikan menjadi makanan ringan yang dapat dikonsumsi dimanapun dan kapanpun. Dikota besar seperti jakarta keripik singkong ini merupakan makanan ringan yang cukup dikenal tetapi dari sekian banyak usaha keripik singkong, keripik ini memiliki perbedaan tersendiri yang menjadi peluang usaha makanan ringan dikota – kota besar. Dari sekian banyak usaha memilih usaha keripik singkong presto ini cukup menjanjikan keuntungan bagi pengusahanya. Karena, menurut kami hampir semua orang menyukai singkong, termasuk semua kalangan dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Cemilan keriopik singkong ini adalah cemilan yang dicari berbagai segmen pasar dari keluarga, anak sekolah dan juga para karyawan. Keripik singkong ini yang memiliki berbagai rasa dan juga teksturnya yang renyah. Dalam pembuatannya keripik singkong juga tidak memerlukan biaya yang besar dalam pengolahan dan juga dalam hal pemasarannya.
Untuk peluang usaha keripik singkong presto ini pemasarannya dapat dilakukan dengan cara online melalui media sosial dan juga dengan penjualan langsung ke konsumen misalnya melalui penjajakan para pembeli atau acara bazar atau event tertentu. Beberapa alasan yang menjadikan permintaan akan makanan ringan ini cepat berkembang karena tekstur keripik tersebut yang gurih dan juga terdapat berbagai macam varian rasa. Proses pembuatan keripik singkong presto ini menggunakan cara dipresto dan dioven yang membuat keripik ini berbeda dengan keripik singkong yang lainnya. Batas konsumsi atau kadaluarsa yang relatif cukup lama dan tanpa bahan pengawet  membuat konsumen lebih lama dalam menyimpan makanan tersebut dan aman mengkonsumsinya.
Faktor yang mempengaruhi
Faktor yang mempengaruhi adalah dalam sistem pemasarannya, karena keripik singkong ini memiliki kadaluarsa yang tidak seperti barang elektronik. Untuk itu apabila keripik singkong ini tidak segera dikonsumsi pada batas waktu yang ditentukan maka akan berjamur dan tidak layak dikonsumsi. Adapun masalah lain yang ditemukan dalam pemasaran yaitu tekstur keripik yang mudah hancur karena mengalami benturan atau goncangan pada saat pengiriman barang, sehingga pada saat barang diterima oleh konsumen barang tersebut tidak sesuai dengan keinginan konsumen, dan itu merupakan faktor yang mempengaruhi minat konsumen.
Analisis SWOT dari keripik singkong presto apabila dipasarkan secara online akan sangat menjanjikan karena jangkauan pemasarannya menjangkau seluruh wilayah indonesia. Jenis keripik singkrong presto ini belum banyak yang menjual dan memasarkannya secara online. Selama ini yang dipasarkan secara online adalah jenis keripik singkong biasa yang diolah dengan cara digoreng.
Faktor Internal :
Strenght (Kekuatan) : keripik singkong presto ini memiliki perbedaan dengan keripik singkong yang lainnya, yaitu dalam pembuatannya tidak menggunakan minyak goreng tetapi lebih menggunakan dengan proses presto yang membuat tekstur keripik tersebut lebih empuk dan renyah sehingga membuat keripik singkong presto ini menjadi cemilan yang sehat untuk dikonsumsi dari mulai anak – anak sampai orang tua.


Weakness (Kelemahan) : Dalam hal ini kita harus memikirkan bagaimana cara untuk menjaga kualitas keripik singkong presto tersebut agar teksturnya tetap terjaga sampai diterima ketangan konsumen dan siap untuk dikonsumsi oleh konsumen.  
Faktor External :
Opportunities (Peluang/Kesempatan) : Peluang usaha keripik singkong presto tersebut akan sangat menjanjikan sekali, hal ini dikarenakan saingan untuk usaha ini belum banyak. Selain itu kita dapat memberikan penghasilan tambahan bagi orang lain disekitar kita dengan cara menjual kembali hasil produk yang kita produksi. Sehingga pemasarannya menjadi dikenal lebih luas dimasyarakat.
Threats (Ancaman) : Ancaman dari bisnis tersebut adalah yaitu keripik singkong tersebut akan mudah hancur, disebabkan karena dalam proses pengiriman dan ancaman lainnya dari bisnis keripik singkong presto ini adalah akan banyaknya yang bermunculan usaha sejenis, hal ini tentu akan membuat persaingan yang baru sehingga pemasaran produk ini menjadi terbatas.
Kelebihan dari keripik singkong presto :
Bagi anda yang menyukai olahan keripik singkong presto ini, terdapat berbagai macam varian rasa :
1.      Original
2.      Pizza
3.      Barbeque (bbq)
4.      Balado mix cabe kering
5.      Balado
6.      Jagung bakar
7.      Jagung manis
8.      Ayam bakar
9.      Sapi panggang
10.  Keju
Alasan untuk memilih cemilan ini adalah :
1.      Keripik singkong presto ini diproses tanpa minyak sehingga bebas kolestrol atau sakit pada tenggorokan pada saat dinikmati.
2.      HALAL dan menggunakan bumbu – bumbu yang aman dan tidak tajam dimulut.
3.      Potongan keripik lebih tebal tetapi tetap empuk pada saat dimakan, tekstur lembut dan tetap gurih karena proses presto yang membuat anak – anak dan orang tua dapat mengkonsumsi keripik singkong presto ini.
4.      Kemasan praktisnya bisa dinikmati dimana saja, karena tetap terjaga kualitas dan kebersihannya.
5.      Cocok untuk digunakan untuk peluang usaha anda karena keripik singkong presto ini dapat dipasarkana disegala segmen pasar seperti sekolah, perkantoran, pabrik, rumah sakit atau sektor pemerintah dll.

Kandungan gizi pada keripik singkong presto ini :
1.      Kalori 121 kal
2.      Air 62,50 gr
3.      Fosfor 40,00 gr
4.      Karbohidrat 34,00 gr
5.      Calsium 3,00 mg
6.      Vitamin C 30,00 mg
7.      Protein 1.20 gr
8.      Besi 0.70 mg
9.      Lemak 0.30 gr
10.  Vitamin B1 0.01 mg

C.    Rencana Usaha
Adapun rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:
1.      Rencana Jangka Pendek
Usaha bisnis Keripik Singkong Presto yang kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam usaha bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah.

2.      Rencana Jangka Menengah
Usaha yang kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian kami bersama, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha kami kedepannya. Pelanggan ialah raja, maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari segalanya, karena tanpa pelanggan belum tentu usaha ini akan bertahan lama. Tidak lupa pula kami rajin melakukan promosi usaha kami, baik dari mulut ke mulut, iklan radio, media online, dan media yang lainnya.

3.      Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak lupa pula kami membangun jaringan dengan pabrik Keripik Singkong Presto atau Toko Keripik Singkong Presto agar kami dapat dengan mudah untuk mendapatkan bahan baku agar usaha ini tidak mengalami kendala apapun dalam penyediaan bahan baku.


D.    Analisis Pasar dan Pemasaran
Analisis Pasar dan Pemasaran usaha Keripik Singkong Presto kelompok kami yaitu:
1.            Target Pasar
Usaha ini berlokasi di tempat-tempat yang strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama, seperti  Koperasi di Perusahaan atau instansi pemerintahan atau sekolah dan juga kampus dan tempat keramaian lainnya.   Tempat-tempat lokasi tersebut yang banyak di lewati oleh masyarakat,  baik masyarakat lokal maupun non lokal sehingga usaha  kami ini mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasar kami yaitu masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri.

2.            Pesaing
Terdapat  banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita.  Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing.  Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.

3.            Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp 3.300 sampai dengan Rp 38.000 tergantung ukuran kemasan dan rasa.

E.      Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
1.            Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat  akan mengetahui usaha kita.  Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli Keripik Singkong Presto di tempat kita.

2.            Dengan media Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog,dll.  Karna sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga  masyarakat dapat mengetahui usaha kita,

3.            Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga      mempromisikan usaha kami ini dengan cara menambah  pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha roti bakar ini ke daerah-daerah lain, dengan  harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.

4.            Pengembangan Produk
Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada di pesaing lain, seperti rasa durian dengan harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat. Kami juga menerima pemesanan pada acara-acara arisan, ulang tahun, dan juga acara resmi lainnya.

5.            Langkah-langkah promisi
Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
·          Memberikan gratis satu bungkus setiap pembelian 10 bungkus keripik singkong presto.
·         Mmberikan potongan harga untuk transaksi pembelian keripik singkong presto di atas Rp 500.000.
F.     Analisis Operasional
Adapun rencana produksi yang dijalankan ialah sebagai berikut:
1.      Desain produk
Desain produk yang diusahakan ialah kami membuatnya dengan semenarik mungkin agar pelanggan tidak bosan dengan tampilan roti bakar yang itu-itu saja.

2.      Tempat usaha
Tempat usaha yang kami rintis ialah dipinggir jalan-jalan utama yang ramai dilalui orang, agar konsumen dapat dengan mudah mengakses tempat usaha kami, selain itu di alun-alun juga memungkinkan kami untuk membuka usaha Keripik Singkong Presto ini.

3.      Pengawasan kualitas
Dalam mengontrol kualitas produk dari usaha kami ini agar dapat dikonsumsi oleh konsumen dengan baik dan aman, maka kami melakukan pengecekan setiap hari terhadap kualitas maupun kuantita dari roti-roti yang ada. Agar para konsumen tidak mendapatkan produk yang tak layak jual dan makan.

4.      Marketing atau promosi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar